Profil | Tupoksi

I.     Inspektur Kota Gorontalo
(1)  Inspektur Kota Gorontalo, mempunyai tugas :
Melakukan pengawasan atas pelaksanaan urusan pemerintahan di daerah , dan pelaksanaan pembinaan atas penyelenggaraan pemerintah kecamatan dan kelurahan berdasarkan peraturan perundang-undangan untuk kelancaran tugas.
(2)  Dalam melaksanakan tugas Inspektur Kota Gorontalo menyelenggarakan fungsi :
a.  Merencanakan program pengawasan pelaksanaan urusan Pemerintahan daerah sesuai kebutuhan untuk peningkatan kinerja pengawasan.
b.    Merumuskan kebijakan  teknis dan fasilitas pengawasan berdasarkan program kerja pengawasan tahunan sebagai dasar pelaksanaan tugas unit.             
c.    Melakukan pemeriksaan, pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan secara berkala dan sewaktu-waktu untuk menghindari penyimpangan.
d.    Mengorganisir pelaksanaan sistem pengawasan sesuai mekanisme kerja untuk tertibnya pelaksanaan tugas.
e.    Mengendalikan pelaksanaan tugas pengawasan secara terpadu untuk menghindari terjadinya penyimpangan.
f.     Mengarahkan pelaksanaan tugas pengawasan secara berjenjang untuk peningkatan kinerja unit.  
g.    Membina pelaksanaan tugas pengawasan baik intern dan ekstern untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
h.    Mendistribusikan tugas-tugas pengawasan kepada bawahan sesuai job untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
i.     Mengawasi pelaksanaan tugas pengawasan secara menyeluruh untuk efektivitas dan efisiensi kegiatan unit.
j.     Mengevaluasi pelaksanaan tugas pengawasan melalui rapat/pertemuan untuk mengetahui perkembangan hasil pelaksanaan tugas.
k.    Mengkonsultasikan pelaksanaan tugas pemerintahan dengan atasan baik lisan maupun tertulis untuk beroleh petunjuk lebih lanjut dalam pelaksanaan tugas.
l.     Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dengan unit terkait melalui rapat/ pertemuan untuk kesatuan pendapat dalam pelaksanaan tugas.
m.   Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas secara berkala sebagai bahan evaluasi.
n.    Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan untuk kelancaran tugas kedinasan.
II.   Sekretariat

  1. Sekretariat, mempunyai tugas :        

Melaksanakan tugas pelayanan administratif dan fungsional dibidang pengawasan berdasarkan peraturan perundang-undangan untuk pelaksanaan tugas-tugas pengawasan.
(2)   Dalam melaksanakan tugas Sekretariat menyelenggarakan fungsi :
a.    Menghimpun kebijakan teknis dibidang pengawasan sesuai kebutuhan sebagai pedoman pelaksanaan tugas unit.
b.    Menyusun rencana kegiatan pengawasan sesuai kebutuhan untuk menjadi program unit.
c.    Menghimpun dan menyusun data laporan hasil pengawasan sesuai kebutuhan sebagai bahan penatausahaan dan proses penanganan  pengaduan.
d.    Mengelola laporan hasil pengawasan aparat pengawasan fungsional sesuai jenis sebagai bahan tindak lanjut.
e.    Melakukan penilaian laporan hasil pengawasan aparat pengawasan fungsional daerah sesuai bidangnya untuk keakuratannya.
f.     Melakukan penyimpanan laporan hasil pengawasan aparat pengawasan fungsional melalui file sebagai bahan dokumentasi.
g.    Melakukan tugas pengelolaan urusan kepegawaian, keuangan, surat menyurat dan rumah tangga unit sesuai jenis untuk kelancaran tugas unit.
h.    Mengkonsultasikan tugas dengan atasan secara lisan maupun tertulis untuk beroleh petunjuk.
i.     Mengkoordinasikan tugas dengan para Inspektur Pembantu melalui rapat/pertemuan untuk penyatuan pendapat.
j.     Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai job untuk tertibnya pelaksanaan tugas.
k.    Menyusun laporan pelaksanaan tugas secara berkala sebagai bahan evaluasi.
l.     Melaksanakan tugas lain yang di perintahkan oleh atasan untuk kelancaran tugas kedinasan.
(3)   Sub Bagian Perencanaan mempunyai tugas :
Melaksanakan tugas penyusunan dan pengendalian rencana /program kerja pengawasan berdasarkan Petunjuk Pelaksanaan / Petunjuk Teknis untuk tertibnya pelaksanaan tugas pengawasan.
(4)   Dalam melaksanakan tugas Sub Bagian Perencanaan menyelenggarakan fungsi :
a.    Menyiapkan kebijakan teknis penyusunan rencana / program pengawasan sesuai kebutuhan sebagai dasar pelaksanaan tugas.
b.    Mengumpul dan mengelola data hasil pengawasan sesuai jenis sebagai bahan laporan dan statistik Inspektorat.
c.    Menyusun anggaran Inspektorat berdasarkan skala prioritas untuk kelancaran tugas pengawasan.
d.    Menyiapkan dan memfasilitasi rencana kerja pengawasan sesuai program untuk kelancaran  tugas-tugas pengawasan.        
e.    Menginventarisir dan menyiapkan dokumentasi hasil pengawasan sesuai jenis sebagai bahan tindak lanjut.
f.     Mengkonsultasikan pelaksanaan tugas dengan atasan, baik lisan maupun tertulis untuk beroleh petunjuk lebih lanjut.
g.    Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dengan Kepala-kepala Sub Bagian melalui pertemuan / rapat untuk menyatukan pendapat.
h.    Menyusun Laporan pelaksanaan tugas secara berkala sebagai bahan evaluasi.
i.     Melaksanakan tugas lain yang di perintahkan oleh atasan untuk kelancaran tugas kedinasan.
(5)   Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan , mempunyai tugas :
Melaksanakan tugas pengevaluasian laporan hasil pengawasan aparat pengawasan fungsional berdasarkan Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis untuk tertibnya pelaksanaan tugas-tugas pengawasan.
(6)   Dalam melaksanakan tugas Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan menyelenggarakan fungsi :
a.    Menyiapkan kebijakan teknis pelaksanaan evaluasi dan pelaporan sesuai kebutuhan sebagai dasar pelaksanaan tugas-tugas pengawasan.
b.    Menyusun rencana kegiatan pelaksanaan evaluasi dan pelaporan sesuai kebutuhan untuk menjadi program unit.
c.    Menghimpun hasil pengawasan dan tindak lanjut hasil pengawasan melalui aparat pengawasan fungsional sebagai bahan evaluasi.
d.    Melakukan evaluasi hasil pengawasan dan tindak lanjut hasil pengawasan sesuai bidang untuk keakuratannya.
e.    Menyusun statistik hasil pengawasan berdasarkan skedul untuk kemudahan pelaksanaan tugas –tugas pengawasan.
f.     Mengkonsultasikan pelaksanaan tugas dengan atasan, baik lisan maupun tertulis untuk beroleh petunjuk lebih lanjut.
g.    Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dengan Kepala-kepala Sub Bagian melalui rapat/ pertemuan untuk beroleh penyatuan pendapat.
h.    Menyusun Laporan pelaksanaan tugas secara berkala sebagai bahan evaluasi.
i.     Melaksanakan tugas lain yang di perintahkan oleh atasan untuk kelancaran tugas kedinasan.
(7)   Sub Bagian Administrasi dan Umum, mempunyai tugas :
Melaksanakan tugas pengelolaan urusan kepegawaian, keuangan, penatausahaan surat-menyurat dan urusan rumah tangga berdasarkan juklak dan juknis untuk kelancaran pelaksanaan tugas unit.
(8)   Dalam melaksanakan tugas Sub Bagian Administrasi dan Umum menyelenggarakan fungsi :
a.    Menyiapkan kebijakan teknis dibidang pengelolaan Administrasi dan perlengkapan sesuai kebutuhan sebagai dasar pelaksanaan tugas.
b.    Menyusun rencana kegiatan pengelolaan administrasi dan perlengkapan sesuai kebutuhan untuk menjadi program unit.
c.    Melakukan tugas pengelolaan administrasi perkantoran dan kearsipan berdasarkan pedoman untuk peningkatan pelayanan.
d.    Melaksanakan tugas pengelolaan administrasi keuangan berdasarkan pedoman untuk tertibnya administrasi keuangan.
e.    Melaksanakan tugas pengelolaan urusan kepegawaian berdasarkan Petunjuk Pelaksanaan / Petunjuk Teknis untuk tertibnya administrasi kepegawaian.
f.     Membuat rencana pengadaan barang inventaris sesuai kebutuhan untuk kelancaran kegiatan unit.
g.    Melaksanakan tugas pengelolaan dan pemeliharaan perlengkapan rumah tangga berdasarkan pedoman untuk tertibnya administrasi barang milik unit.
h.    Mengkonsultasikan pelaksanaan tugas dengan atasan, baik lisan maupun tertulis untuk beroleh petunjuk.
i.     Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dengan Kepala-kepala Sub Bagian melalui rapat/ pertemuan untuk beroleh penyatuan pendapat.
j.     Menyusun laporan secara berkala sebagai bahan evaluasi.
k.    Melaksanakan tugas lain yang di perintahkan oleh atasan untuk kelancaran tugas kedinasan.

III.  Inspektur Pembantu Wilayah I
(1)   Inspektur Pembantu Wilayah I, mempunyai tugas :
Melaksanakan tugas pembinaan dan pengawasan terhadap urusan pemerintahan daerah dan kasus pengaduan dilingkungan Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRD berdasarkan peraturan perundang-undangan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

  1. Dalam melaksanakan tugas Inspektur Pembantu Wilayah I menyelenggarakan fungsi :
  2. Menghimpun peraturan teknis pengawasan sesuai kebutuhan sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
  3. Menyusun rencana program kerja pembinaan dan pengawasan secara periodik untuk menjadi program unit.
  4. Menyusun Program Kerja Pemeriksaan (PKP) melalui langkah kerja pemeriksaan sebagai dasar pelaksanaan tugas.
  5. Melakukan pembinaan pengawasan dilingkungan Sekretariat Daerah Sekretariat DPRD secara berkala untuk peningkatan kinerja unit.
  6. Melakukan pengawasan dan pemeriksaan dilingkungan Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRD secara periodik untuk mengetahui penyimpangan kinerja unit.
  7. Menghimpun hasil pemeriksaan melalui review Kertas Kerja Pemeriksaan (KKP) sebagai dasar penyusunan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP)
  8. Menyusun Naskah Hasil Pemeriksaan (NHP) berdasarkan Kertas Kerja Pemeriksaan (KKP) sebagai bahan evaluasi.
  9. Menyampaikan Naskah Hasil Pemeriksaan (NHP) melalui obyek pemeriksaan untuk beroleh tanggapan.
  10. Melakukan klarifikasi hasil temuan pemeriksaan melalui unit terkait untuk beroleh data yang akurat.
  11. Menyusun laporan hasil pemeriksaan berdasarkan Kertas Kerja Pemeriksaan (KKP) untuk ditindaklanjuti.
  12. Mengkonsultasikan pelaksanaan tugas dengan atasan, baik lisan maupun tertulis untuk beroleh petunjuk lebih lanjut.
  13. Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dengan Sekretaris dan Para Inspektur Pembantu melalui pertemuan/ rapat untuk penyatuan pendapat.
  14. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai job untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
  15. Menyusun laporan pelaksanaan tugas secara berkala sebagai bahan evaluasi.
  16. Melaksanakan tugas lain yang di perintahkan oleh atasan untuk kelancaran tugas kedinasan.

IV.  Inspektur Pembantu Wilayah II
(1)   Inspektur Pembantu Wilayah II, mempunyai tugas :
Melaksanakan tugas pembinaan dan pengawasan terhadap urusan pemerintahan daerah dan kasus pengaduan dilingkungan Dinas Daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
(2)   Dalam melaksanakan tugas Inspektur Pembantu Wilayah II menyelenggarakan fungsi :

  1. Menghimpun peraturan teknis pengawasan sesuai kebutuhan sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
  2. Menyusun rencana program kerja pembinaan dan pengawasan secara periodik untuk menjadi program unit.
  3. Menyusun Program Kerja Pemeriksaan (PKP) melalui langkah kerja pemeriksaan sebagai dasar pelaksanaan tugas.
  4. Melakukan pembinaan pengawasan dilingkungan Dinas Daerah secara berkala untuk peningkatan kinerja unit.
  5. Melakukan pengawasan dan pemeriksaan dilingkungan Dinas Daerah secara periodik untuk mengetahui penyimpangan kinerja unit.
  6. Menghimpun hasil pemeriksaan melalui review Kertas Kerja Pemeriksaan (KKP) sebagai dasar penyusunan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP)
  7. Menyusun Naskah Hasil Pemeriksaan (NHP) berdasarkan Kertas Kerja Pemeriksaan (KKP) sebagai bahan evaluasi.
  8. Menyampaikan Naskah Hasil Pemeriksaan (NHP) melalui obyek pemeriksaan untuk beroleh tanggapan.
  9. Melakukan klarifikasi hasil temuan pemeriksaan melalui unit terkait untuk beroleh data yang akurat.
  10. Menyusun laporan hasil pemeriksaan berdasarkan Kertas Kerja Pemeriksaan (KKP) untuk ditindaklanjuti.
  11. Mengkonsultasikan pelaksanaan tugas dengan atasan, baik lisan maupun tertulis untuk beroleh petunjuk lebih lanjut.
  12. Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dengan Sekretaris dan Para Inspektur Pembantu melalui pertemuan/ rapat untuk penyatuan pendapat.
  13. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai job untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
  14. Menyusun laporan pelaksanaan tugas secara berkala sebagai bahan evaluasi.
  15. Melaksanakan tugas lain yang di perintahkan oleh atasan untuk kelancaran tugas kedinasan.

V.   Inspektur  Pembantu Wilayah III
(1)   Inspektur Pembantu Wilayah III, mempunyai tugas :
Melaksanakan tugas pembinaan dan pengawasan terhadap urusan pemerintahan daerah dan kasus pengaduan dilingkungan Lembaga Teknis Daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
(2)   Dalam melaksanakan tugas Inspektur Pembantu Wilayah III menyelenggarakan fungsi :

  1. Menghimpun peraturan teknis pengawasan sesuai kebutuhan sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
  2. Menyusun rencana program kerja pembinaan dan pengawasan secara periodik untuk menjadi program unit.
  3. Menyusun Program Kerja Pemeriksaan (PKP) melalui langkah kerja pemeriksaan sebagai dasar pelaksanaan tugas.
  4. Melakukan pembinaan pengawasan dilingkungan Lembaga Teknis Daerah secara berkala untuk peningkatan kinerja unit.
  5. Melakukan pengawasan dan pemeriksaan dilingkungan Lembaga Teknis Daerah secara periodik untuk mengetahui penyimpangan kinerja unit.
  6. Menghimpun hasil pemeriksaan melalui review Kertas Kerja Pemeriksaan (KKP) sebagai dasar penyusunan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP)
  7. Menyusun Naskah Hasil Pemeriksaan (NHP) berdasarkan Kertas Kerja Pemeriksaan (KKP) sebagai bahan evaluasi.
  8. Menyampaikan Naskah Hasil Pemeriksaan (NHP) melalui obyek pemeriksaan untuk beroleh tanggapan.
  9. Melakukan klarifikasi hasil temuan pemeriksaan melalui unit terkait untuk beroleh data yang akurat.
  10. Menyusun laporan hasil pemeriksaan berdasarkan Kertas Kerja Pemeriksaan (KKP) untuk ditindaklanjuti.
  11. Mengkonsultasikan pelaksanaan tugas dengan atasan, baik lisan maupun tertulis untuk beroleh petunjuk lebih lanjut.
  12. Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dengan Sekretaris dan Para Inspektur Pembantu melalui pertemuan/ rapat untuk penyatuan pendapat.
  13. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai job untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
  14. Menyusun laporan pelaksanaan tugas secara berkala sebagai bahan evaluasi.
  15. Melaksanakan tugas lain yang di perintahkan oleh atasan untuk kelancaran tugas kedinasan.

VI.  Inspektur Pembantu Wilayah IV
(1)   Inspektur Pembantu Wilayah IV, mempunyai tugas :
Melaksanakan tugas pembinaan dan pengawasan terhadap urusan pemerintahan daerah dan kasus pengaduan dilingkungan Kecamatan dan Kelurahan berdasarkan peraturan perundang-undangan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
(2)   Dalam melaksanakan tugas Inspektur Pembantu Wilayah IV menyelenggarakan fungsi :

  1. Menghimpun peraturan teknis pengawasan sesuai kebutuhan sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
  2. Menyusun rencana program kerja pembinaan dan pengawasan secara periodik untuk menjadi program unit.
  3. Menyusun Program Kerja Pemeriksaan (PKP) melalui langkah kerja pemeriksaan sebagai dasar pelaksanaan tugas.
  4. Melakukan pembinaan pengawasan dilingkungan Kecamatan dan Kelurahan secara berkala untuk peningkatan kinerja unit.
  5. Melakukan pengawasan dan pemeriksaan dilingkungan Kecamatan dan Kelurahan secara periodik untuk mengetahui penyimpangan kinerja unit.
  6. Menghimpun hasil pemeriksaan melalui review Kertas Kerja Pemeriksaan (KKP) sebagai dasar penyusunan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP)
  7. Menyusun Naskah Hasil Pemeriksaan (NHP) berdasarkan Kertas Kerja Pemeriksaan (KKP) sebagai bahan evaluasi.
  8. Menyampaikan Naskah Hasil Pemeriksaan (NHP) melalui obyek pemeriksaan untuk beroleh tanggapan.
  9. Melakukan klarifikasi hasil temuan pemeriksaan melalui unit terkait untuk beroleh data yang akurat.
  10. Menyusun laporan hasil pemeriksaan berdasarkan Kertas Kerja Pemeriksaan (KKP) untuk ditindaklanjuti.
  11. Mengkonsultasikan pelaksanaan tugas dengan atasan, baik lisan maupun tertulis untuk beroleh petunjuk lebih lanjut.
  12. Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dengan Sekretaris dan Para Inspektur Pembantu melalui pertemuan/ rapat untuk menyatukan pendapat.
  13. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai job untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
  14. Menyusun laporan pelaksanaan tugas secara berkala sebagai bahan evaluasi.
  15. Melaksanakan tugas lain yang di perintahkan oleh atasan untuk kelancaran tugas kedinasan.

VII.       Kelompok Jabatan Fungsional

Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas pemerintah daerah sesuai dengan keahlian dan kebutuhan.

    Hubungi Kami

    INSPEKTORAT Kota Gorontalo
    Alamat : Jalan Nani Wartabone No. 67
    Telepon : (0435) 827149