Pendampingan Reviu LKPD Pemkot oleh BPKP Perwakilan Provinsi Gorontalo

Selasa, 8 Maret 2016 Inspektorat Kota Gorontalo telah melaksanakan Reviu atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Gorontalo dengan pendampingan Tim BPKP Perwakilan Gorontalo. Kegiatan tersebut diharapkan agar APIP Pemda mampu melaksanakan reviu dengan tepat,efektif, dan efisien sehingga tujuan reviu tersebut dapat tercapai.
Reviu atas LKPD dilakukan dengan tujuan untuk membantu terlaksananya penyeleggaraan akuntansi dan penyajian LKPD, serta memberikan keyakinan terbatas bahwa akuntansi telah diselenggarakan berdasarkan SAPD dan LKPD telah disajikan sesuai dengan SAP.
Sehubungan dengan Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual (Permendagri 64/2013) maka beberapa produk hukum perlu disusun oleh Pemerintah Daerah dalam mengimplementasikan basis akrual yakni :
a.    Peraturan Kepala Daerah tentang Kebijakan Akuntansi
b.    Peraturan Kepala Daerah tentang Sistem dan Prosedur Akuntasi Pemerintah (sisdur) yang mengacu pada PP Nomor 71 Tahun 2010, PMK Nomor 238/PMK.05/2011 Tahun 20111, dan Permendagri Nomor 64 Tahun 2013.
c.    Peraturan teknis lainnya yang terkait dengan penerapan SAP berbasis akrual. Mis ; peraturan yang mengatur tentang penyajian kembali laporan keuangan, subsistem pendapatan-piutang, subsistem persediaan, dan subsistem aset tetap.



Berita Terkait

    Hubungi Kami

    INSPEKTORAT Kota Gorontalo
    Alamat : Jalan Nani Wartabone No. 67
    Telepon : (0435) 827149